Kamis, 19 Desember 2013

Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kepengurusan Organisasi


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS KURSUS KADER DAKWAH (KKD)
MAN 2 MODEL MEDAN
PERIODE 2012-2013
                                    
I.  PENDAHULUAN
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah mencukupkan nikmat dan karunia-Nya kepada kami para pengurus sehingga kami dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan pada masa kepengurusan periode 2012-2013 ini.
Shalawat dan salam dihadiahkan kepada Rasul tercinta, Muhammad SAW. sebagai uswatun hasanah,teladan terbaik sepanjang zaman. Perjuangan dan ketekunan beliau sangat perlu kita contoh sebagai sikap hidup dan landasan amaliyah (etos kerja) dalam mewujudkan usaha dan cita-cita.
Dalam kesempatan ini kami pengurus KKD MAN 2 Model Medan. Periode 2012-2013 akan melaporkan beberapa hal sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tugas dan tanggung jawab kami yang telah kami emban selama periode kepengurusan.

A.  Pandangan Umum
Organisasi Kursus Kader Dakwah (KKD) MAN 2 Model Medan adalah organisasi tertua yang ada di MAN 2 Model Medan, sebagai wadah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang Dakwah Madrasah, KKD memiliki peran utama dan strategis; tidak hanya mewujudkan pembentukan kualitas pribadi siswa/i bermoral Islami dan cerdas secara intelektual, tetapi lebih dari itu, misi keislaman yang dibawanya menempatkan organisasi ini sebagai barometer dan mediator seluruh organisasi ekstra yang ada di MAN 2 Model Medan.
Pernyataan di atas sangat beralasan, karena seluruh organisasi ekskul MAN 2 Model Medan, baik OSIM, LKCST, Tarung Drajat, Pramuka, PMR, maupun Paskibra, dalam segala aktivitasnya harus dilandasi oleh nilai-nilai Islami, maka dalam hal ini KKD merupakan wadah yang berperan mewarnai sekaligus jembatan penghubung untuk memanifestasikan pemantapan nilai-nilai Islami tersebut di lingkungan MAN 2 Model Medan.
Sejak didirikannya di MAN 2 Model Medan, KKD mengalami pergantian pengurus setiap tahun untuk satu periode kepengurusan. Dalam usia yang relatif tua ini, KKD telah berupaya banyak berbuat yang terbaik untuk membantu madrasah dalam mengembangkan misinya, di samping menyadari pula betapa banyak kekurangan disana-sini yang perlu dibenahi pada masa mendatang.
Dalam usia yang relatif tua ini, KKD terus berupaya berbenah diri agar program kerja yang dijalankan lebih baik dan lebih maju dari masa lalu. Kekurangan di masa lalu adalah pelajaran yang sangat berharga untuk masa yang akan datang, dan kelebihan di masa lalu adalah sesuatu yang harus dipertahankan dan ditingkatkan, untuk menjadikan KKD lebih baik dan tampil maksimal di gelanggang  ekstrakurikuler MAN 2 Model Medan.
Untuk melanjutkan pengembangan misi organisasi sekaligus misi madrasah menuju hasil yang lebih baik di masa mendatang, KKD terus berbenah diri dengan melakukan kaderisasi secara berkesinambungan, dan buah dari hasil kaderisasi inilah yang merupakan bekal bagi anggota untuk menjalankan roda organisasi dan melanjutkan regenerasi kepemimpinan. Karena itu, Musayawarah Besar (Mubes) KKD pada 14 s.d 15 September 2013 adalah jawaban sekaligus bukti nyata bahwa di tubuh organisasi KKD terwujud kesinambungan dan tanggung jawab dari proses kaderisasi.

B.   Kondisi Ideal Organisasi
Suatu organisasi dikatakan ideal apabila program-program kerjanya terlaksana dengan baik sesuai dengan program yang telah direncanakan. Begitu juga dengan KKD yang memiliki susunan program kerja yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Dalam menjalankan aktivitas organisasi, KKD beracuan kepada program dan schedule kerja yang telah disahkan dalam rapat kerja (raker). Ketika pelaksanaan program,  KKD berupaya maksimal untuk mewujudnyatakan tuntutan program hasil raker dan dalam menjalani tugas tersebut, KKD berkomitmen untuk senantiasa memelihara amanah madrasah dan amanah organisasi yang tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

C.  Kondisi Ril Organisasi
Setelah satu tahun masa kepengurusan KKD Periode 2012-2013, KKD telah berupaya melaksanakan program-program kerja secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Hampir semua program kerja terlaksana dengan baik, dan hal itu semua karena kerja sama yang kuat antar sesama pengurus dan dukungan para anggota serta pembina.

Namun demikian, masih banyak pula program kerja yang belum dapat terlaksana. Hal itu dikarenakan kesibukan dengan penyelesaian tugas-tugas belajar dan waktu yang terbatas untuk melaksanakan program kerja tersebut.
Meskipun KKD dapat berupaya maksimal dalam melaksanakan program kerja, namun di tubuh organisasi ini masih terdapat sejumlah anggota yang kurang aktif  dan kurang  memiliki kesadaran untuk berjuang bersama-sama untuk meningkatkan kualitas kerja organisasi. Dalam menyikapi hal ini, pengurus telah melakukan teguran dan pendekatan dengan memberi kesadaran dan mengajak kembali aktif  bergabung di organisasi. Hasil yang diperoleh dari teguran dan pendekatan ini, ada yang kembali aktif dan ada yang dikeluarkan statusnya sebagai anggota, karena sudah tiga kali berturut-turut mendapat teguran, namun belum ada perubahan.

D.  Keberhasilan Organisasi
Organisasi KKD Periode 2012-2013 dapat dikatakan berhasil karena sebagian besar program kerjanya terlaksana dengan baik. Kondisi pelaksanaan program kerja kepengurusan periode ini lebih maksimal dan efektif dari kepengurusan sebelumnya. Di antara keberhasilan organisasi KKD adalah sebagai berikut:
1)      KKD mampu merekrut anggota-anggota baru dengan jumlah peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.
2)      Hampir  65 % program kerja terlaksana.
Faktor Pendukung Keberhasilan tersebut adalah:
·         Kerjasama antar fungsionaris pengurus serta dukungan anggota dan pembina.

E.     Kegagalan Organisasi
Di dalam menjalankan sebuah organisasi tentu tidak selamanya memperoleh keberhasilan, terkadang juga terganjal oleh suatu kegagalan. Kegagalan bukanlah suatu masalah besar atau suatu hal yang memalukan, akan tetapi kegagalan adalah suatu pengalaman yang sangat berharga dan awal dari sebuah keberhasilan di masa yang akan datang dan pelajaran bagi generasi selanjutnya. Salah satu hambatan KKD dalam periode 2012-2013 adalah beberapa diantara anggota mengikuti lebih dari 1 (satu) organisani, dan sebagian ada yang mengikuti bimbingan belajar di Madrasah maupun diluar  Madrasah, seperti Les, dan lain sebagainya. Sehingga para pengurus dan anggota tidak aktif mengikuti rutinitas kegiatan pelatihan organisasi.

KKD menyadari pada kepengurusan Periode 2012-2013 ini masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, diantaranya kurangnya kesadaran para anggota untuk mematuhi peraturan yang ada di KKD dan hampir sepertiga “anggota tetap” tidak aktif mengikuti rutinitas kegiatan pelatihan organisasi. Dengan kondisi seperti ini, diharapkan kepada pengurus yang akan datang agar lebih mampu menggiring dan  menyadarkan para anggota untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan oleh KKD.

F.     Upaya yang Dilakukan dalam Mengatasi Kegagalan Organisasi
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi KKD selama satu tahun periode kepengurusan, maka ada beberapa solusi yang dapat ditawarkan ke depan agar kepengurusan periode berikutnya tampil lebih baik dan dapat berusaha keluar dari sisi kelemahan yang dialami KKD saat ini. Solusi tersebut dapat berupa upaya sebagai berikut:
1.      KKD harus meningkatkan disiplin dalam rutinitas pelatihan dan disiplin dalam pelaksanaan program. Dalam pelatihan, seluruh anggota hadir tepat waktu dan sanksi keterlambatan dan ketidakhadiran tanpa keterangan harus diperketat. Bagi yang terlambat dan tidak hadir ketika latihan diproses dengan hukuman disiplin yang mendidik. Hal ini merupakan salah satu cara mencegah sekaligus mengatasi agar persentase ketidakdisiplinan dan ketidakaktifan anggota KKD semakin mengecil.
2.      Fungsionaris KKD selepas jam pelatihan secara rutin harus melakukan diskusi internal guna membahas persiapan dan penyelenggaraan program minggu depan/bulan depan,  sambil terus mengevaluasi dan mencari solusi dari persoalan internal yang muncul ketika pelatihan berlangsung. Tindakan ini merupakan usaha preventif  agar kelemahan di tubuh organisasi tidak membesar dan segera dapat diatasi.
3.      Untuk membuka kesadaran yang mendalam dan cinta pada organisasi, pengurus KKD harus mempertajam materi dan pendekatan mentoring keislaman. Apabila upaya ini optimal dilakukan, dapat diperkirakan anggota yang kurang aktif dan kurang disiplin mudah-mudahan akan berubah menjadi aktif dan disiplin. Kegiatan mentoring ini akan membuka hati mereka untuk menemukan jati dirinya, sehingga muncul rasa memiliki (sense of belonging) dan rasa bertanggung jawab (sense of responsibility) terhadap organisasinya.

II.       LAPORAN BIDANG-BIDANG
Selama Kepengurusan KKD Periode 2012-2013, ada 15 program kerja yang dapat terlaksana dan  ada pula 11 program kerja yang tidak dapat terlaksana, namun program kerja yang dilaksanakan masih banyak terdapat kelemahan yang tercermin pada kurangnya kesadaran anggota untuk merealisasikan program kerja tersebut sesuai dengan schidule yang telah direncanakan. Keseluruhan program itu dapat diuraikan sebagai berikut:
A.    Program Kerja yang Terlaksana
1. Divisi Mentoring
1.      Nama Program               :  Control mentoring
Hasil Pelaksanaan          :  Terlaksana
Keterangan                     :  Program ini terlaksana selama 1 minggu sekali namun belakangan tidak rutin dilaksanakan. Hal ini disebabkan ketidaksiapan para anggota dalam memegang amanah dan tanggung jawab mentoring.

2.      Nama Program               : Public speaking training
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini dapat terlaksana dengan baik.

3.      Nama Program               : Diklat
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini dilaksanakan sesuai dengan apa yang diinginkan.

4.      Nama Program               : Chacter building
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini dapat terlaksana dengan baik.

            2. Divisi Informasi dan Komunikasi ( Infokom )
1.      Nama Program               : Jurnalistik training (KKD)
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini dilaksanakan sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Nama Program                   : SMS dakwah (KKD)
Hasil Pelaksanaan              : Terlaksana
Keterangan                        : Program ini berjalan hanya saja tidak Rutin.

3. Divisi Kenaziran
1.      Nama Program               : Controling ibadah wajib dan sunnah
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini berjalan hanya saja tidak Rutin.

2.      Nama Program               : Tahsin AL-QURAN dan menghafal AL-QUR’AN
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini berjalan hanya saja tidak Rutin.

4. Divisi Kreatifitas dan Event Organizing ( EO )
1.      Nama Program               : Futsal antar organisasi (Misal KKD vs OSIM)
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                  : Program ini berjalan hanya saja tidak rutin, dikarenakan kesibukan antar pengurus dan anggota dalam penyelesaian tugas-tugas sekolah.

2.      Nama Program               : Mubes (musyawarah besar) (KKD & Alumni MAN 2)
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

3.      Nama Program               : Study banding (MAN/SMA)
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                    : Program ini berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Program ini bertujuan agar anggota KKD dapat bersosialisasi dengan KKD yang terdapat di Sekolah/Madrasah lainnya.

4.      Nama Program               : Seminar (penulisan fiksi/aula)
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                      : Program ini berjalan sesusai dengan yang diinginkan. Program ini bertujuan agar anggota KKD selain mampu berdakwah dengan lisan juga mampu berdakwah dengan tulisan.

5. Divisi Dana Usaha ( Danus )
1.      Nama Program               : Menjual aksesoris HP, laptop dan lain sebagainya.
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

2.      Nama Program               : Menjual parfum
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                      : Program ini berjalan hanya saja tidak rutin.

6. Divisi Keakhwatan

1.      Nama Program               : Tasmi’
Hasil Pelaksanaan          : Terlaksana
Keterangan                     : Program ini berjalan hanya saja tidak rutin.


B.     Program Kerja yang Tidak Terlaksana

1. Dividi Mentoring
1.   Nama Program               : Pembuatan silabus
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                     : Awalnya program ini sudah hampir terlaksana namun  pelaksanaannya ditunda, dikarenakan ketidaksiapan para anggota dalam memegang amanah dan tanggung jawab Pembuatan Silabus.


2. Divisi Informasi dan Komunikasi ( Infokom )

1. Nama Program           : Mengaktifkan mading (KKD)
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                     : Awalnya program ini sudah hampir terlaksana namun  pelaksanaannya ditunda, dikarenakan ketidaksiapan para anggota dalam memegang amanah dan tanggung jawab dalam mengaktifkan mading KKD.

2. Nama Program               : Audience (KKD)
Hasil Pelaksanaan              : Tidak Terlaksana
Keterangan                        : Awalnya Program ini sudah hampir terlaksana namun pelaksanaannya ditunda, dikarenakan ketidakcukupan dana untuk mengadakan program ini.

3. Divisi Kenaziran

1. Nama Program                : Membersihkan musholla
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                     : Program ini tidak terlaksana dikarenakan sudah ada petugas musholla yang telah ditetapkan oleh pihak Madrasah.

2. Nama Program                : Membuat jadwal sholat
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan         : Awalnya program ini sudah hampir terlaksana namun pelaksanaannya ditunda, dikarenakan sudah ada jadwal sholat yang disusun oleh pihak Madrasah.

4. Divisi Kreatifitas dan Event Organizing ( EO )

1.  Nama Program                : Rihlah (refreshing)
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana

Keterangan                  : Awalnya program ini sudah hampir terlaksana namun  pelaksanaannya ditunda, dikarenakan penerimaan siswa/i baru.

5. Divisi Dana Usaha ( Danus )
1.   Nama Program               : Menjual aksesoris jilbab
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                     : Kesibukan pengurus.

2.   Nama Program               : Menjual buku tahunan, baju sablonan, pin, dll
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                      : Program ini tidak terlaksana dikarenakan kelalaian pengurus dalam acara perpisahan kelas XII tahun ajaran 2012/2013

6. Divisi Keakhwatan
1.  Nama Program                : Kajian keakhwatan (smart girl)
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                : Program ini tidak terlaksana dikarenakan Kesibukan antar akhwat sehingga tidak terlaksana.

2.      Nama Program               : KKD cooking dan rihlah
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan         : Awalnya program ini sudah hampir terlaksana namun  pelaksanaannya ditunda, dikarenakan penerimaan siswa/i baru sehingga tidak terlaksana.

3.      Nama Program               : Nasyid (akapela)
Hasil Pelaksanaan          : Tidak Terlaksana
Keterangan                    : Program ini tidak terlaksana dikarenakan tidak ada pelatih.

III.          INVENTARIS  KKD
Sampai saat laporan pertanggungjawaban ini disampaikan, inventaris KKD MAN 2 Model Medan adalah sebagai berikut:
·         1 unit ruangan Sanggar Administrasi Kegiatan
·         1 unit  lemari
·         1 unit set Gendang Nasyid
·         3 unit Piala
·         1 unit cendera mata berupa ukiran dari ceramik
·         1 unit jam dinding
·         1 unit Dispenser
·         1 unit kaki dispenser
·         1 unit kipas angin
·         25 unit cangkir
·         1 unit keranjang sampah sampah
·         1 unit serok sampah
·         1 unit carpet ukuran 3 x 4 meter
·         5 unit file surat
·         1 unit ceret

IV. KONDISI KEUANGAN
Dalam kepengurusan KKD selama periode 2012-2013, pengurus dan anggota diwajibkan membayar uang kas setiap minggunya. Adapun jumlah uang kas dan uang omset KKD saat ini adalah (. . . . . . . . . . . . . . . . . .) Mengenai perincian uang masuk dan uang keluar serta saldo, dapat dilihat melalui Buku Kas Bendahara KKD.
           Bendahara KKD telah bekerja keras untuk mengumpulkan uang kas dari kalangan pengurus dan anggota, namun sebagian di antara pengurus dan anggota belum memiliki kesadaran bahwa Kas KKD digunakan untuk kepentingan organisasi dan umat, bukan untuk keperluan pribadi atau golongan. Kondisi seperti ini harus menjadi perhatian pengurus baru yang akan memegang tonggak estafet kepengurusan KKD di masa mendatang.

V. KONDISI ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN
          Setiap pertemuan (mentoring) KKD selalu dilakukan absensi, namun belakangan absensi tidak dijalankan dengan baik, dikarenakan lupa menbuatnya, sehingga daftar hadir pengurus dan anggota KKD tidak terdata dengan baik. Hal ini hendaknya dapat menjadi koreksi untuk pengurus selanjutnya agar setiap pertemuan diabsensi. Meskipun demikian, berdasarkan pantauan kami selaku pengurus, persentase kehadiran anggota KKD dari setiap pertemuan dihadiri lebih dari 70 % anggota plus pengurus KKD periode 2012-2013.

VI. PRESTASI
              Dalam satu tahun kepengurusan berlangsung (2012-2013), KKD MAN 2 Model Medan telah berhasil tampil sebagai juara dalam berbagai even perlombaan (musabaqah) sebanyak 11 kali dengan prestasi yang membanggakan. Prestasi tersebut adalah:
·      Kader KKD meraih Juara I Pidato B. Indonesia Golongan Putra se-ASEAN yang diraih oleh Eko Haris Alamsyah pada tahun 2012.
·      Kader KKD meraih Juara I Pidato B. Indonesia Golongan  Putri tingkat Madrasah Aliyah se-Kota Medan yang diraih oleh Syah Ghina Rahmi Lubis pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara III Pidato B. Indonesia Golongan Putra tingkat Madrasah Aliyah se-Kota Medan yang diraih oleh Amir Musthafa pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara II Pidato B. Inggris Golongan Putra tingkat SMA se-Kota Medan yang diraih oleh Ikhwanul Habib Lubis pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara I Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Labuhan Batu Utara yang diraih oleh Fajaruddin pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara I Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara yang diraih oleh Fajaruddin pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara I Musabaqah Tilawatil Qur’an Golongan Remaja Putra tingkat Madrasah Aliyah se-Kota Medan yang diraih oleh Fahmi Azis pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara II Musabaqah Tilawatil Qur’an Golongan Remaja Putra tingkat Madrasah Aliyah se-Kota Medan yang diraih oleh Fajaruddin pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara harapan I Musabaqah Tilawatil Qur’an Golongan Remaja Putra tingkat Kabupaten Langkat yang diraih oleh Fahmi Azis pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara harapan III Musabaqah Tilawatil Qur’an Golongan Remaja Putra tingkat Kota Madya Medan yang diraih oleh  Fahmi Aziz pada tahun 2013.
·      Kader KKD meraih Juara II Musabaqah Syarhil Qur’an tingkat Kota Madya Medan yang diraih oleh  Syah Ghina Rahmi Lubis pada tahun 2013.

VII. P E N U T U P
            Demikianlah laporan pertanggungjawaban ini kami sampaikan. Selaku Pengurus KKD Periode 2012-2013, kami mohon maaf  yang  sebesar-besarnya atas segala kekurangan dalam menjalankan tugas dan amanah organisasi.
            Selanjutnya, kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Bapak Kepala Madrasah, Bapak WKM III Bidang Kesiswaan, dan Bapak Pembina atas segala bimbingan, kritik dan saran yang selama ini diberikan kepada KKD. Kami yakin semua bimbingan, kritik dan saran adalah untuk menjadikan KKD lebih baik pada masa yang akan datang.
            Dalam penutup laporan ini, ada beberapa butir kesimpulan yang dapat kami paparkan sebagai telaah terhadap perjalanan kepengurusan KKD Periode 2012-2013, sebagai berikut:

A. Kesimpulan
      Selama Periode 2012-2013, eksistensi KKD di MAN 2 Model Medan mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari dua sisi utama; KKD mampu merekrut anggota-anggota baru yang dari tahun ke tahun semakin meningkat dan hampir  65 % program kerja dapat terlaksana dengan baik. Meski demikian, di tubuh organisasi ini masih terdapat sejumlah anggota yang kurang aktif  dan kurang  memiliki kesadaran untuk berjuang bersama-sama untuk meningkatkan kualitas kerja organisasi.
            Untuk mengatasi hal tersebut, KKD harus meningkatkan disiplin dalam rutinitas pelatihan dan pelaksanaan program, aktif melakukan diskusi internal guna membahas persiapan dan penyelenggaraan program minggu depan/bulan depan, dan dipandang penting mempertajam materi serta pendekatan mentoring keislaman.

B. Saran-saran
            Kepada pengurus baru yang akan melanjutkan perjuangan KKD ke depan agar dapat meningkatkan kualitas kinerja kepengurusannya dan fokus pada tujuan KKD, sehingga lebih baik dari kepengurusan sebelumnya. Di samping itu, kepada para anggota diharapkan agar tetap konsisten pada jalan dakwah.
              Contoh yang baik-baik, dan tingkatkan lagi kelebihan yang sudah dimiliki pengurus lama dan perbaikilah kekurangan yang kami miliki. Kami serahkan dan kami amanahkan KKD ini kepada kepengurusan yang akan terpilih, dengan harapan KKD menjadi lebih baik  di masa mendatang.
              Akhir kata, kami pengurus lama mengucapkan selamat kepada pengurus baru dalam mengemban amanah organisasi tercinta ini, semoga kalian sukses membawa bahtera KKD sampai kepada tujuan yang diamanatkan Madrasah. Perbaikilah KKD dalam rangka mengembangkan misi Madrasah dan misi agama, mudah-mudahan Allah swt. senantiasa ridha terhadap aktivitas yang kita laksanakan.
Medan,  14 September 2013
                                                            PENGURUS KKD 
                                                     MAN 2 MODEL MEDAN


 


 
                                                         PERIODE 2012-2013
    Ketua                                                     Sekretaris                                     Bendahara

Fajaruddin                                     Ikhwanul Habib Lubis                        Siti Khairani


0 komentar:

Posting Komentar