Rabu, 25 Desember 2013

Profil Pembina dan Wakil Pembina KKD M2M



Profil, Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan
            Bapak Al Farabi dilahirkan pada tanggal 15 September 1976, di Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, dari pasangan ayahbundanya, Alm. H. Usman Al-Hudawy dan Hj. Siti Sara Arafah. Setelah menamatkan studi di jenjang Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah di Batu Bara, pada Agustus 1994 beliau hijrah ke Medan dan menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1) di Fakultas Tarbiyah IAIN SU Medan pada tahun 1998, dan selanjutnya mendapat Beasiswa dari proyek Pengembangan Pendidikan Kementrian Agama RI untuk melanjutkan studi pada Program Magister (S2) di IAIN SU Medan dalam bidang konsentrasi Pendidikan Islam, dan menyelesaikan studi pada tahun 2001. Untuk kedua jenjang pendidikan ini (S1 dan S2), beliau berhasil meraih predikat Wisudawan terbaik dengan Yudisium Terpuji. Kini beliau sedang dalam penulisan disertai untuk menyelesaikan program pendidikan Doktor (S3) di lembaga yang sama.
            Sejak Mahasiswa pada jenjang S1 hingga saat ini, Bapak Al Farabi aktif dalam berbagai organisasi, baik organisasi intra dan ekstra kemahasiswaan, profesi, maupun kemasyarakatan. Beliau pernah menjabat sebagai sekretaris Departemen Penalaran Keilmuan dan Penelitian Senat Mahasiswa Fak. Tarbiyah IAIN SU Medan (1996-1998), Ketua Pimpinan Komisariat HIMMAH Fak. Tarbiyah IAIN SU Medan (1996-1997),  Anggota Dewan Redaktur Tabloid Dinamika Senat Mahasiswa Institut IAIN SU Medan (1997-1998), Sekretaris Redaksi Badan Pengurus Jurnal Ilmiah STAI Sumatera – Medan (2010-2015), Ketua Forum Solidaritas Da’I Kota Medan (2008-2013), dan Wakil Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Guru dan Dosen Al-Wasliyah (IGDA) Sumatera Utara (2012-2017).
            Bapak Al Farabi tergolong penulis produktif, terutama di berbagai jurnal dan majalah. Karya – karya beliau banyak dimuat pada Jurnal Ilmiah STAI Sumatera, Jurnal Tarbiyah IAIN SU, Majalah Bulanan Media Ulama Sumatera, Jurnal Tanzimat Kopertais Wilayah IX Sumut, Majalah Pendidikan Indonesia, Majalah Kemenag Sumut, dan berbagai harian di Sumatera Utara. Beliau juga tercatat pernah mendapat penghargaan dari Gubernur KDH Tk.I Sumatera Utara, T.Rizal Nurdintatkala berhasil meraih “Juara I” dalam Sayembara Penulisan Cerita Rakyat Daerah Sumatera Utara pada tahun 1999.
            Sampai saat ini, Bapak Al Farabi aktif mengabdikan diri dalam berbagai wadah kajian pendidikan dan dakwah. Keaktifannya bergabung dalam wadah IGDA Sumut, menempatkan dirinya sebagai salah seorang trainer dalam penataran guru-guru Al-Wasliyah pada berbagai kabupaten di Sumatera Utara. Dalam aktivitas harian, beliau merupakan tenaga edukatif di MAN 2 Model Medan, disamping menyempatkan diri pada sore hari memberikan kuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN SU Medan, STAI Sumatera, dan STT Sinar Husni Medan.
Sumber Informasi : Majalah Pendidikan Indonesia Periode April 2013

0 komentar:

Posting Komentar